Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, demikian pula salawat dan salam kita
haturkan pada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw. Karena, atas karunia dan
berkat rahmat-Nya lah program ini dapat tersusun.
Program
Kerja Kepala Sekolah ini disusun dengan maksud sebagai pedoman dalam
pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai unit pelaksana di sekolah, pedoman
dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai pelaksana di sekolah serta
sebagai pedoman bagi pihak yang berwenang dan terkait dalam mengawasi
pendidikan. Program ini memberikan gambaran secara umum dan khusus kegiatan
yang ada di sekolah dalam jangka panjang dan menengah.
Karena
kemampuan kami terbatas, program ini masih banyak terdapat kekurangannya. Oleh sebab
itu, saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi
kemajuan peserta didik kita.
Atas
motivasi semua pihak yang membantu, baik berupa moril maupun material kami
sampaikan terima kasih.
Semoga
Program Kerja ini dapat terlaksana secara maksimal sesuai dengan tujuan yang
diharapkan. Amin!
Denggen,
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar .................................................................................................................. i
Daftar
Isi .......................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................................... 1
A. Dasar ............................................................................................................... 1
B. Maksud
dan Tujuan ........................................................................................ 1
C. Ruang
Lingkup ............................................................................................... 2
D. Gambaran
Umum Target Sasaran ................................................................... 2
BAB
II EVALUASI KERJA TAHUNAN ..................................................................... 3
1. Bentuk Program .................................................................................................... 3
2. Materi Kegiatan .................................................................................................... 3
3. Pelaksanaan
Evaluasi Program ........................................................................ 3
BAB III PPKS
TP
2016/2017 ........................................................................................... 4
1. Kegiatan
Harian .............................................................................................. 4
2. Kegiatan
Mingguan......................................................................................... 4
3. Kegiatan
Bulanan ........................................................................................... 4
4. Kegiatan
Semester .......................................................................................... 5
5. Kegiatan
Awal Tahun Pelajaran ..................................................................... 5
6. Kegiatan
Akhir Tahun Pelajaran ..................................................................... 5
7. Kegiatan
Khusus ............................................................................................ 6
8. Kegiatan
Penunjang ........................................................................................ 6
BAB
IV Materi
Program Kerja Kepala Sekolah Jangka Menengah dan Jangka Panjan .. 7
BAB
V Penutup ............................................................................................................... 8
Lampiran-lampiran ............................................................................................................ 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Dasar
1. Pedoman
umum penyelenggaraan administrasi sekolah yang dikeluarkan oleh Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Tanggal
2 Januari 1993;
2. Keputusan
Kepala Kantor Wilayah Depdikbud NTB Nomor : 22/Sp/183 Tanggal 11 Mei 1993
tentang Pedoman Penyusunan Program Kerja Tahunan Kepala Sekolah dalam
Lingkungan Kanwil Depdikbud Propinsi NTB;
3. Surat
Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Propinsi NTB Nomor : 149/120/S/85 tentang
Monitoring Pengawasan pada Tahun Pelajaran 1985/1986;
4. Surat
Kepmen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : …..............................
.......... Juni 2016 tentang Pedoman Penerimaan Peserta
Didik pada TK dan SD;
5. Surat
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Lotim No :
800/1274/DIK/2016 Tanggal 01
Juni 2016 tentang Penerimaan
Peserta Didik pada TK dan SD;
6. Surat
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur Nomor : ...................................
Tanggal ............................................
tentang Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2016/2017.
B.
Maksud
dan Tujuan
1.
Maksud
Program Kerja Kepala Sekolah dimaksudkan
sebagai Pedoman Kerja Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas dan tanggung
jawab untuk mengelola Sekolah Dasar sebagai Unit Lembaga Pendidikan Dasar.
2.
Tujuan
2.1
Tujuan
Umum
Secara umum Program Kerja Kepala Sekolah
bertujuan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai tugas dan
tanggung jawab mengelola Sekolah Dasar dalam usaha melaksanakannya secara
efektif dan efisien.
2.2
Tujuan
Khusus
Agar Kepala Sekolah dapat :
a. Mengidentifikasi
dan menjadwalkan kegiatan-kegiatan awal, tengah, dan akhir Tahun Pelajaran;
b. Mengidentifikasi
dan menjadwalkan kegiatan-kegiatan rutin harian, mingguan, bulanan, semester,
dan tahunan;
c. Mengidentifikasi
dan menjadwalkan kegiatan-kegiatan khusus;
d. Dalam
mencapai sasaran melaksanakan kegiatan secara optimal.
C.
Ruang
Lingkup
Program Kerja Tahunan
Kepala Sekolah ini menjangkau seluruh kegiatan yang akan dapat diselesaikan dan
merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah. Untuk mengelola unit ini dalam
merencanakan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengevaluasi seluruh kegiatan
pendidikan di sekolah ini.
Kalau dirinci akan diperoleh tentang
cakupan rencana Program Kerja Tahunan Kepala Sekolah, sebagai berikut :
1. Kegiatan-kegiatan
yang dijadwalkan untuk pelaksanaan pada awal Tahun Pelajaran;
2. Kegiatan-kegiatan
harus diselesaikan setiap hari selama jam kerja sekolah;
3. Kegiatan-kegiatan
yang dijadwalkan untuk ditangani secara mingguan, bulanan, semester;
4. Selain
itu terdapat kegiatan-kegiatan yang dijadwalkan untuk dilaksnakan pada akhir
Tahun Pelajaran serta dijadwalkan secara khusus.
D.
Gambaran
Umum Target Sasaran Yang Ingin Dicapai
1.
Sasaran
Keseluruhan jenis kegiatan yaitu dari
kegiatan awal Tahun Pelajaran sampai pada kegiatan akhir Tahun Pelajaran serta
kegiatan-kegiatan yang bersifat khusus.
2.
Target
atau Sasaran Umum
Keseluruhan jenis kegiatan yang dijadwalkan
dengan tertib dan lancar, keseluruhan kegiatan dapat terlaksana dengan baik
agar fungsi sekolah dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
BAB
II
EVALUASI KERJA TAHUNAN
1.
Bentuk
Program
Bentuk Program Kerja Tahunan disesuaikan
berdasarkan petunjuk umum penyusunan Program Kerja Tahunan sekolah.
2.
Materi
Kegiatan
Materi kegiatan Program Kerja
Kepala Sekolah, meliputi :
·
Program Kerja Harian;
·
Program Kerja Mingguan;
·
Program Kerja Bulanan;
·
Program Kerja Semester;
·
Program Kerja Awal dan
Akhir Tahun Pelajaran;
·
Program Kerja Khusus;
·
Program Kerja
Penunjang.
3.
Pelaksanaan
Evaluasi Program
Dalam
hal ini pelaksanaannya disampaikan pada penyusunan Program Kerja Tahunan Kepala
Sekolah tahun berikutnya.
BAB III
PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
1.
Kegiatan
Harian
1.1 memeriksa
daftar hadir karyawan (Guru dan Pegawai);
1.2 mengatur
dan mengawasi kegiatan 7 K di sekolah;
1.3 memeriksa
program satuan pelajaran dan persiapan lainnya yang menunjang proses pembelajaran;
1.4 mengatasi
hambatan-hambatan proses belajar mengajar;
1.5 mengatasi
kasus yang terjadi pada hari itu;
1.6 menyelenggarakan
senam kesegaran jasmani setiap hari Selasa, Rabu, Kamis bersama Guru, Pegawai,
dan Siswa;
1.7 memeriksa
segala sesuatu menjelang sekolah usai;
1.8 menyelenggarakan
pembacaan Al Quran setiap hari Jumat dan Sabtu (Kultum).
2.
Kegiatan
Mingguan
2.1 Upacara
Bendera pada Hari Senin pagi dan upacara pada hari Kebesaran/Istimewa lainnya;
2.2 Memeriksa
agenda dan menyelesaikan surat-surat;
2.3 Mengadakan
rapat singkat mingguan (pada hari sabtu) guna membahas jalannya proses
pembelajaran dan membahas kasus yang belum terselesaikan;
2.4 Memeriksa
keuangan dan administrasi perlengkapan sekolah.
2.5 Mengatur
penyediaan keperluan kantor.
3.
Kegiatan
bulanan
3.1 melaksanakan
penyelesaian kegiatan penerimaan gaji Guru/Pegawai dan membuat laporan bulanan (Guru,
Pegawai, Siswa), membuat rencana keperluan perlengkapan kantor/sekolah dan
rencana belanja bulanan.
3.2 Melaksanakan
pemeriksaan umum terhadap;
a. Daftar
hadir siswa;
b. Buku
daftar guru/perlengkapan;
c. Kumpulan
bahan evaluasi, berikut analisanya;
d. Kumpulan
program satuan pembelajaran;
e. Diagram
perbaikan dan pengayaan;
f. Pelaksanaan
BK
g. Administrasi
guru;
h. Penutupan
buku kas;
i. Pertanggungjawaban
keuangan;
j. Evaluasi
terhadap persediaan dan penggunaan alat bahan praktik.
4.
Kegiatan
Semester
4.1 memeriksa
target pengisian daftar buku induk siswa;
4.2 menyelenggarakan
persiapan daftar buku induk siswa;
4.3 menyelenggarakan
evaluasi kegiatan BP, OSIS, UKS, dan ekstrakurikuler;
4.4 menyelenggarakan
ulangan umum semester termasuk kegiatan :
a. kumpulan nilai (leger);
b.ketetapan
nilai Raport;
c. permakluman
kepada wali murid tentang pelaksanaan semester;
d. panggilan
wali murid untuk berkonsultasi (jika diperlukan);
e. memeriksa keadaan siswa peserta ulangan
semester.
5.
Kegiatan
Awal Tahun Pembelajaran
5.1 penerimaan
siswa baru;
5.2 persiapan
penyelenggaraan masa orientasi siswa;
5.3 pelaksanaan
orientasi;
5.4 persiapan
/ menyusun kalender pendidikan tahun pelajaran 2016/2017;
5.5 menyusun
program tahunan sekolah tahun pelajaran 2016/2017;
5.6 menyusun
RAPBS tahun pelajaran 2016/2017;
5.7 mengatur
pembagian tugas/penetapan personalia dalam struktur organisasi sekolah.
6.
Kegiatan
Akhir Tahun Pembelajaran
6.1 menyelenggarakan
kegiatan penutupan buku inventaris dan keuangan;
6.2 menyelenggarakan
US;
6.3 evaluasi
kenaikan kelas yang meliputi :
a. penandatanganan
daftar nilai, raport, dan IJAZAH;
b. rapat
kelulusan, kenaikan kelas, penyerahan IJAZAH,
dan pelepasan siswa;
6.4 melaksanakan
evaluasi pelaksanaan kegiatan mengajar, tahun pelajaran yang bersangkutan;
6.5 menyelenggarakan
penyusunan rencana pembinaan lingkungan fisik sekolah termasuk alat-alat bantu
pendidikan;
6.6 menyusun
laporan.
7.
Kegiatan
Khusus
7.1 menyusun
laporan tengah tahun pada bulan Desember;
7.2 menyusun
laporan tahunan pada bulan Juni;
7.3 menyusun
laporan triwulan / tahun inventaris.
8.
Kegiatan
Penunjang
8.1 Menyiapkan
format-format penyusunan rencana program dan format-format lainnya;
8.2 Menyiapkan
pembagian tugas guru dan tugas lainnya;
8.3 Menyiapkan
aturan-aturan penyusun pelaksanaan kegiatan.
BAB IV
MATERI PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH
JANGKA MENENGAH DAN JANGKA PANJANG
1.
Kegiatan
Jangka Menengah ( ……….. Tahun )
1.1 Menentukan
dan menetapkan target/tingkat keberhasilan KBM;
1.2 Memeriksa
dan mengawasi program pencapaian kurikulum;
1.3 perbaikan
tembok halaman sekolah;
1.4 penataan
halaman sekolah;
1.5 peningkatan
nilai UAS melalui :
a. peningkatan
minat baca siswa;
b. memberikan
les mata pelajaran pada siswa.
1.6 peningkatan
imtaq dan budi pekerti siswa melalui :
a. pembacaan
surat Yasin pada setiap hari Jumat dan Sabtu;
b. pembacaan
doa sebelum dan sesudah pelajaran berakhir.
1.7 kegiatan
ekstrakulikuler, yakni :
a. pramuka;
b. UKS;
c. olahraga.
1.8 Peningkatan
kesejahteraan guru dan pegawai.
2.
Kegiatan
Jangka Panjang ( ……….. Tahun )
2.1 menentukan
dan menetapkan visi dan misi sekolah sebagai tolak ukur selanjutnya;
2.2 penataan
lingkungan sekolah;
2.3 penambahan
ruang kelas;
2.4 pengadaan
ruang perpustakaan;
2.5 peningkatan
imtaq dan budi pekerti siswa;
2.6 peningkatan
nilai UAS;
2.7 peningkatan
kesejahteraan guru dan pegawai.
BAB
V
PENUTUP
Program kerja Kepala Sekolah mencakup
program yang dapat dilaksanakan dalam bentuk program kerja : harian, mingguan,
bulanan, semester, awal tahun, akhir tahun, dan waktu-waktu khusus.
Program
kerja ini diharapkan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala
Sekolah yang dilaksanakan semaksimal mungkin sehingga dapat mencapai
pelaksanaan dan hasil yang optimal. Sebagai pedoman dalam pengawasan,
pelaksanaan, sampai pada penilaian bagi pengawas pendidikan, instansi terkait
maupun komite sekolah dalam pelaksanaan pendidikan pembelajaran di sekolah.
Dengan
adanya program ini akan menjadi bahan peningkatan efisiensi kerja dan menuntut
serta memotivasi untuk peningkatan seluruh usaha dan daya upaya untuk bekerja
lebih giat, belajar lebih banyak dari membaca, bertanya, pelatihan serta
pengalaman yang diperoleh melalui pelaksanaan program kerja tersebut.
No comments:
Post a Comment